amsterdammer

amsterdammer
Ik Ben Ajacied

All You Need is AJAX

All You Need is AJAX
All You Need is AJAX

Jumat, 20 November 2009

sleep paralysis

beberapa waktu lalu aku kena eureup-eureup a.k.a tindihen a.k.a sleep paralysis..
kejadiannya jam 3.13 pagi sampe 3.30, dan itu kejadiannya berulang-ulang, jadi selama 17 menit itu,aku tindihen sekitar 3-4x

dulu-dulu sih ga pernah, cuma gara2 si Anggy dan Ariyanto cerita pengalaman tindihen mereka, gatau kenapa aku jadi ikut2an kena fenomena itu. SIAL!
kan umumnya tindihen itu terjadi pas posisi telentang, dan gatau gimana caranya aku kena pas lagi tidur miring ke kanan. Awalnya aku denger suara ribut banget, kayak kelas XII IPS 2 kalo lagi ga ada guru, dan kalo gilanya lagi pada kumat. Yang aku inget ada suara si Arini,Laurel, dan anak2 cowo. Aku pikir cuma mimpi, pas mau ganti posisi..........
GA BISA GERAK... ah ini mah tindihen -_-"
udah gitu pas aku paksain sebisa mungkin gerakin satu jari aja, ga bisa juga... yo wes aku pasrah sampe akhirnya badan aku lemes lagi, dan kejadian itu berulang terus sampe empat kali... DALAM 17 menit!

Yang terakhir kalinya, aku langsung ngambil handphone sama headset terus pasang lagu2 menenangkan hati, berharap kalo kuping disumpel headset aku ga bakal denger suara-suara itu lagi dan bisa langsung terlelap.
percaya ga percaya sih, bisa jadi ada hubungannya ama "dunia lain" tapi kalo secara ilmiah juga terbukti kok, gini-gini meskipun ekeu anak IPS juga ngerti yang begituan :p

kata temenku sih kalo di kamar ada poster atau boneka bisa jadi ada yang "nempatin" tapi yaaa..bismillah aja lah, toh kalo ada yang "nempatin" juga yang "ditempatin" poter-poster orang ganteng, karena di kamar emang ada poster-poster pemain bola sama pembalap, tapi cuman empat biji kok, timnas Spanyol,timnas Belanda,tim Repsol Honda, sama poster Andrea Dovizioso..

yang aku baca sih, karena kecapean atau kurang tidur, ini kutipannya dari kompas.com

"Berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.
Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).


Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur."

nah, jadi mistis atau ngga, wallahualam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar